Cara Perawatan

Clodi ( Cloth Diapers)

Clodi ( Cloth Diapers)

Salah satu kekhawatiran kalau mau mencoba clodi/popok kain adalah takut rusak karena salah perawatan dan akhirnya membuang uang karena harganya juga tidak murah.

Atau begini:
  • Clodi = mahal.
  • Perawatan clodi = mahal karena harus pakai detergent khusus yang mahal juga. Iya kan?
Well, at least kami sih dulu sempat berpikir seperti itu. Akhirnya supaya yakin kalau nanti kami bisa merawat clodi dengan benar, kami jadi rajin baca-baca tentang cara perawatan clodi.
Rangkumannya sebagai berikut:
  1. Lakukan pre-wash sebanyak 3x sebelum menggunakan clodi. Gunanya untuk menambah daya serapnya sehingga bisa menampung urine dengan baik. Tapi baca lagi petunjuk tiap merk yang dibeli karena ada merk tertentu yang hanya membutuhkan 1 kali pre-wash.
  2. Jangan menggunakan pelembut dan pemutih. Karena kedua bahan tersebut justru bisa mengurangi daya serap clodi sehingga tidak bisa menampung urine bayi dengan sempurna.
  3. Bisa menggunakan detergent khusus clodi, tapi juga bisa menggunakan detergent biasa. Yang penting, harus diperhatikan bahwa detergent itu bebas pelembut dan pemutih karena seperti yang disebutkan di poin 2, zat-zat tersebut bisa merusak clodi. Selama ini kami menggunakan detergent yang biasa kami pakai untuk mencuci baju, dengan takaran yang dikurangi.
  4. Kurangi takaran detergent. Karena saya menggunakan detergent biasa, saya selalu mengurangi takarannya. Biasanya disebutkan untuk mengurangi takaran detergent menjadi ½ – ¼ takaran biasa. Setelah saya kira-kira, takaran tersebut sama dengan 1 sendok teh, jadi sejumlah itu yang biasa saya tambahkan (untuk mencuci sekitar 4 buah clodi).
  5. Lakukan stripping bila perlu. Biasanya clodi harus di-stripping kalau mulai menunjukkan tanda daya serapnya berkurang (mulai bocor). Tapi kami memilih tindakan pencegahan dan melakukan stripping setiap 1 bulan sekali, sebelum clodi mulai bocor.
Stripping juga bisa dilakukan dengan berbagai cara dan yang biasa kami lakukan adalah seperti ini:
  • Pisahkan insert dari covernya, bilas dengan air.
  • Taruh insert dalam ember, rendam dengan air panas (biasanya saya ambil langsung dari kran kamar mandi).
  • Tunggu hingga agak dingin, peras dan buang airnya.
Ulangi proses di atas 2-3 kali lalu cuci seperti biasa.
Demikian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: